Tags

, ,

indihome - logoOk…. masih dalam rangka internet broadband….

Dimana beberapa hari yang lalu telah terjadi ‘gegeran‘. 😀

Baca artikelnya di sini. Nah sekarang di coba untuk mengkomparasikan layanan serupa.

Lets cekidout….

Sebenarnya ada ‘gegeran‘ yang lebih seru sih…. di ranah blogosphere r2. Tapi ga ikut – ikut ah hahahah…..

Oke… lanjut….. Langsung saja kita bahas yang tengah di gegeri. Telkom Indihome.

indihome - package

Dari grafis terlihat bahwa indihome menawarkan paket Internet bundling dgn telepon rumah & tv berbayar. Paket terendah yang di tawarkan adalah internet 10 Mbps. Teknologi yang di gunakan FTTH (Fiber To The Home). Ini teknologi baru di Indonesia. Namun di luar negeri teknologi ini sudah tersedia sejak sekitar 5 – 10 th yang lalu.

Sebenarnya sudah ada sih FTTH di Indonesia sejak 5 tahun terakhir, namun harganya masih amazing dan hanya tersedia di area – area khusus exclusive saja. 🙂

Jadi FTTH ini, sesuai namanya akan membawa kabel fiber masuk ke dalam rumah anda. Sesuatu yang amazing beberapa tahun yang lalu, dimana biasanya kabel fiber hanya di jadikan sebagai backbone, dan terpasang di jalur – jalur tertentu saja. Biasanya di tanam di tepi jalan tol atau di sepanjang jalan raya utama.

Namun kini fiber sudah bisa masuk ke rumah anda, dengan harga yang lumayan terjangkau 🙂 O iya info saja, saat sekarang harga kabel fiber ‘hanya’ sekitar 19.200 IDR per meter saja. Hehe…. murah kan.

Bagiamana kita tahu bahwa di area kita sudah tersedia FTTH dari indihome….? Kalau di daerah ane ada tersedia terminal semacam gambar di bawah. Itu punya indihome. Kalau di depan rumah anda tersedia seperti itu ya sudah hampir bisa di pastikan bahwa di depan rumah anda sudah tertanam kabel fiber. 🙂

indiehome - terminal

Kesimpulan.
Teknologi: Ok.
Beberapa kali mencoba menggunakan indihome saat melakukan trip ke berbagai daerah tk 2 di Jatim. Jika di lakukan pengecekan menggunakan speedtest .net menunjukkan speed yang sesuai dengan paket yang di tawarkan. Bahkan pernah ketemu di salah satu area, langganan 10 Mbps, saat di test speed dapetnya 12 Mbps.

Pelayanan: agak – agak telo gemana gitu 😀
Dan tidak standar. Jika beberapa waktu yang lalu indihome mulai menerapkan FUP, maka ada satu area yang pernah di kunjungi mendapatkan paket 10 Mbps unlimited seharga paket 50 Mbps.

Perangkat: sedang.
Modem merk huawei, zte dan sejenisnya.

Situs web: informatif.

bersambung ….

Ahstravelling.com
FB Fans Page: https://www.facebook.com/AhsTravelling/
Twitter: @Ahs_Travelling

Advertisements