Sedikit berbagi tips mengenai bepergian ke LN.

Mungkin sudah banyak yang tahu. Tapi ga ada salahnya di baca – baca lagi. Di refresh kembali jangan sampai hal – hal sepele mengganggu atau bahkan menghambat kegiatan travelling kita, apalagi travelling ke LN.

Artikel sekaligus sebagai self reminder.

Okeh langsung sajah….

Pastikan anda dalam keadaan sehat. Sehat awake, sehat atine, sehat duitE… 🙂

1. Scan atau foto semua dokumen perjalanan, kemudian simpan di email atau cloud. Dokumen yg dimaksud adalah termasuk paspor, visa jika ada, booking hotel dan transport. Pastikan juga hanya anda pemegang password email dan/atau cloud tempat anda upload dokumen perjalanan tadi.

2. Riset tipis2 cuaca negara yang akan dituju. Terutama jika hendak bepergian ke negara yang memiliki 4 musim. Hal ini utk menentukan ‘kostum’ apa yg hendak di bawa, agar jangan sampai saltum 😀

3. Riset lokasi hotel, rute, dan destinasi wisata yang hendak anda tuju. Perlu juga di riset moda transportasi yang tersedia di negara tujuan.

4. Riset mata uang negara tujuan. Bawa uang secukupnya saja, toh di negara tujuan ada mesin atm yang bisa di colok menggunakan atm bank Indonesia. Dan di beberapa negara, rate lebih bagus ambil di atm dibanding beli manual di money changer di negara tujuan.

5. Bawa obat-obatan pribadi. Untuk jaga2 saja.

6. Selalu waspada terhadap keamanan diri, rombongan (jika pergi rame2) dan barang-barang anda.

7. Pastikan juga anda menyimpan alamat KBRI di negara tujuan, atau minimal no. telp KBRI negara tujuan tersimpan di phonebook anda.

Demikian… semoga menjadi artikel yang bermanfaat bagi kita semua backpacker dan traveller international, happy travelling….