Mendadak bahas motor? Engga juga.
Sebelumnya Ahs pernah menulis beberapa artikel yang berkaitan dengan motor.
Seperti pernah di tulis di situ, di situ dan di situ.

Selain itu, imo, motor adalah sebuah alat transportasi yang juga merupakan salah satu moda travelling. Betuolll….?

Apa si kriteria ahs mengenai motor yang asyik?

Apa si kriteria ahs mengenai motor yang asyik? Kalau imo motor yg asyik adalah motor yang aman & nyaman di gunakan. Kriteria aman & nyaman kan banyak? Betul. Salah satu yg menjadi concern ahs adalah kegambotan ban.

Ini mungkin subyektif, tapi bagi saya semakin gambot ban semakin asyik. Masih menurut saya semakin gambot ban semakin stabil motor digunakan dalam melibas jalanan. Secara kontour jalan yang sering saya lalui beragam kondisinya.

Ada yang mulus hotmix, ini mah ga masalah ban cacing pun juga asyik heheh. Kemudian ada jalanan beton yang ada ‘geret-geret’nya yg jika di lewati dengan motor matic ban stadar serasa bliyat bliyut. Blm lagi sering ditemui jalan berlobang, berpasir & berkerikil yang sering di temui di area perbaikan jalan, dst. Itu sebabnya ahs suka motor dengan ban yang gambot, lebih gambot lebih mantap jiwa.

Nah berbicara gambot, saat ini ada 2 matic lokal gambot di kelas 150cc. Dialah Nmax dan pendatang baru aerox.

IMHO kedua motor punya kelebihan dan kekurangan masing2. Aerox tampil lebih gambot dengan ban belakang tubeless ukuran 140 depan 110 ring 14. Menurut produsen, aerox adalah matic sport. Aerox dilengkapi dengan fitur – fitur kekinian seperti speedometer lcd, dan keyless di tipe tertinggi. Namun yang menurut ahs kurang adalah penggunaan rem tipe drum aka tromol di belakang.

sorry OOT 🙂

Nmax juga berbodi bongsor, dengan ukuran ban 1 step di bawah aerox yaitu tubeless 130 belakang & 110 depan ring 13. Nmax menggunakan disc brake baik di depan maupun di belakang. Mungkin ini salah satu faktor harga jual nmax lebih tinggi di banding aerox, selain tentu faktor – faktor lain.

Diluar itu semua ada 1 kekurangan yang sama sama di miliki kedua motor yaitu sama sama tidak memiliki kickstart huehehe…..

Demikian semoga bermanfaat….

Advertisements