Tags

, , , , , ,

gmt 2016 logoSeperti sudah kita ketahui bersama, GMT aka gerhana matahari total akan melintas di atas wilayah NKRI.

Tidak semua kota bisa menyaksikan GMT, hanya bebrapa kota saja yang benar – benar bisa menyaksikannya.

Bukan berarti kota – kota lain di Indonesia tdk bisa lihat GMT.

Kota – kota lain di Indonesia juga bisa tetap menyaksikan fenomena langka tersebut, namun tidak total, mereka hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Kota – kota mana saja sih yang dapat menyaksikan GMT?

Kota-kota besar di Indonesia yang akan kebagian Gerhana Matahari Total ini adalah Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Tanjung Pandan, Palu dan Ternate. Jadi pada tanggal 9 Maret 2016, lusa, antara pk 06.00 – 10.00, disaat puncak GMT kota – kota tsb akan mengalami kegelapan di siang hari hingga 99%. Hmmm…… fenomena langka ini 🙂 Konon kabarnya fenemona serupa hanya akan terjadi lagi di Indonesia dalam 350 tahun ke depan.

gmt 2016 - line

Jauh – jauh hari kampanye GMT ini sudah di gelorakan. Terutama di kota – kota besar yang merupakan lintasan GMT. Bagi yang tidak berkesempatan berkunjung ke kota – kota tsb, tdk perlu risau. Apalagi galau. Kota – kota besar seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, dst bisa juga menikmati fenomena langka ini meskipun hanya sebagian atau Gerhana Matahari Sebagian. Jangan lupa untuk mengenakan kacamata khusus gerhana.

Pun demikian lembaga – lembaga terkait juga menyediakan sarana & prasarana pendukung fenemona GMT ini. Dari sisi TI lembaga terkait menyediakan akses internet kecepatan tinggi di beberapa titik tempat berkumpulnya peneliti GMT dunia. Selain itu bmkg juga menyediakan live streaming langsung pengamatan GMT dari beberapa kota besar yg di lalui GMT. Live Streaming GMT bisa di ikuti di sini.

Demikian…. semoga bermanfaat.

Ahstravelling.com
FB Fans Page: https://www.facebook.com/AhsTravelling/
Twitter: @Ahs_Travelling

Advertisements