Tags

Sebenarnya ga kepingin bgt si ke Korea Selatan.

Lha terus kenapa bikin artikel ini? Ya kali2 aja ada hadiah, free event, free seat, promo dan atau sejenisnya πŸ˜€ *ngarep dot com

Gpp lagh, itung2 menambah wawasan. Sapa tau bisa ke sana beneran…. πŸ™‚

Makanya bagi yang ada kesempatan bisa kesana di manfaatkan betul kesempatan & pengalaman tsb. Dan jangan lupa persiapan sebelum keberangkatan.

Yang perlu di ketahui pertamax adalah
1.Paspor & Visa.
Pastikan paspor anda masih berlaku, minimal 6 bulan sblm masa expired. Jadi kalau sekarang katakan bulan Jan 18, anda mau ke KorSel bulan Jun 18. Maka mendingan perpanjang dulu saja paspor anda, baru ajukan Visa.

Kemudian visa.
Untuk bisa masuk ke KorSel anda harus terlebih dulu mengantongi Visa. Beda dengan ke MY, SG atau negara bebas visa lainnya.

Ada kabar2 bahwa th 2018 pemerintah Korsel membebaskan Visa masuk. Kabar tsb ada benarnya, tapi dengan catatan & persyaratan. Nah catatan & persyaratannya sendiri buanyakkk sekali heheh…. Seperti apakah anda berhubungan langsung dengan olimpiade musim dingin 2018 yang di gelar di Kota Pyeongchang. Kemudian bebas visa adalah utk orang – orang yang masuk ke KorSel via agent yang telah di tunjuk pemerintah guna meramaikan event olimpiade tsb, dan lain lain dan seterusnya.

Jadi mending urus visa normal saja d, jangan berharap bebas visa, kecuali anda atlit atau official peserta Olimpiade Musim Dingin. πŸ˜€

Atau kalau datang ke KorSel krn ada event atau undungan sepertinya lebih mudah lagi utk mendapatkan visa, cmiiw….

2. Cuaca.
Perhatikan cuaca. Berdasar situs resmi Visit Korea Selatan di ketahui bahwa Korea memiliki 4 musim, yaitu musim semi, panas, gugur & musim dingin.

Musim Semi dimulai sejak akhir bulan Maret sampai awal bulan Mei. Ini musim di mana anda bisa melihat bunga2 sakura bermekaran.

Musim Panas dimulai pada bulan Juni hingga Agustus, puncak nya adalah di bulan Agustus diaman suhu bisa mencapai sekitar 23 hingga 26 derajat celcius. Beti lagh ama Surabaya.

Musim Gugur di Korea dimulai pada bulan September hingga bulan November. Udara di musim gugur dingin juga kering, dan langit biru dengan sedikit awan. Musim gugur ini adalah musim favorit dimana anda bisa melihat keindahan Korea saat dedaunan berjatuhan. Selain itu di musim inilah saat dimana Pohon Gingko dan Pohon Maple berubah warna daunnya menjadi kuning & merah di seluruh penjuru Korea.

Musim Dingin di Korea biasanya dimulai antara bulan Desember hingga bulan Februari. Suhu terdingin biasa muncul pada bulan Januari yang bisa mencapai minus 3 hingga 6 derajat Celcius.

Informasi mengenai cuaca ini penting, terlebih saat kita akan berkunjung ke negara yang memiliki empat musim yang berbeda dgn negara kita. Agar tidak saltum & perjalanan serta kegiatan menjadi tetap menyenangkan dan berhasil sukses.

3. Itinerary aka destinasi wisata yang akan di kunjungi.
Kalau yg ini dont warry lagh kalau perginya bareng rombongan krn ada event tertentu. Ngikut saja, berusaha & berikan yang terbaik serta jangan lupa nikmati keindahan Korea Selatan. πŸ™‚
Kecuali pergi sendiri atau rombongan kecil backpackeran ini perlu dipersiapkan matang2. Nah utk itu Itin Korea Selatan akan di bahas di artikel terpisah.

4. Bahasa.
Bahasa yang di gunakan sehari hari adalah tentu saja Bahasa Korea. Kabarnya tidak banyak juga penduduk sana yang fasih berbahasa Inggris. Jadi paham beberapa kosa kata penting sebelum berangkat ke Korea mungkin perlu.

5. Mata Uang.
Korea Won KRW atau lebih sering di sebut Won. Per artikel ini di tulis 1 KRW setara dengan 12,59 IDR.
Hmmm murah juga ya…. heheh jadi semangat nih pegi Korea :P~

6. Jaga kondisi dan kesehatan.
Ga asyik kalau semua persiapan diatas tidak dilanjutkan dan dibarengi dengan jakon dan jakes. Jogging atau minimal jalan pagi seminggu 1x keliling komplek saja cukuplagh untuk jakon & jages agar event yang di ikuti ke Korea Selatan sukses, semakin mantab dan mengasyikkan.

Dan yang terakhir …
7. Jangan lupa berdoa
Agar selalu diberi kemudahan dalam segala urusan baik persiapan, keberangkatan saat berada di tujuan, maupun kepulangan. Berangkat dan pulang selamat. Lancar & sukses perjalanan dan misi serta kegiatannya. Sehingga menjadi perjalanan & kegiatan yang barokah & bermanfaat. Dan yang terpenting supaya selalu sehat awake, sehat atine lan sehat duite. πŸ™‚
Aamiin….

Serta yang juga tak kalah penting, saat berkunjung ke negara lain, berarti anda membawa nama bangsa dan negara. Tunjukkan bahwa NKRI adalah negara besar, yang tak kalah dengan negara lain. Budayakan antri, tertib, jangan nyampah sembarangan, dan ikuti semua aturan serta rambu2 di negeri orang.

Atau kalau ada ketua rombongan patuhi dan ikuti semua arahan ketua. πŸ™‚

Demikian, semoga bermanfaat… and happy travelling….

ket: gambar dari wikipedia

Advertisements