Tags

, ,

kopi lanang 2Ini sebenarnya late post….. very – very late post. Tapi gpp lagh… toh juga masih relevan & masih memiliki unsur kekinian…… 🙂

Saya termasuk penikmat kopi, meski hanya dalam taraf wajar, bukan termasuk penggila kopi yang maniac. Wajar tapi yang menuju Maniac 🙂 Taraf nya mungkin sudah sudah sedikit kecanduan aka ngadict getou…. Krn sehari ga ketemu kopi bisa gelisah…. hehe….

Oke kita mulai petualangan berburu Kopi Lanang di kaki Gunung Gumitir.

Lets cekidot…..

Berawal dari sebuah visitasi saya bersama seorang rekan kerja ke kabupaten paling timur di propinsi tempat saya berdomisili, Jawa Timur. Yup benar…..Banyuwangi. Saya beberapa tahun yang lalu memang secara periodik visit ke beberapa kota / kabupaten di Jawa Timur, dalam rangka pekerjaan. Termasuk ke Banyuwangi ini.

Nah dalam kunjungan entagh yang ke berapa kali, saat itu sudah mulai agak jenuh. Karena tahulah jarak Surabaya – Banyuwangi yang tidak dekat. Apalagi di tempuh jalan darat dengan seonggok kendaraan diesel roda empat membuat saya & rekan kerja sedikit jengah. Di situlah terbit ide sang rekan kerja untuk berburu Kopi Lanang.

Dalam perjalanan 2 hari 1 malam tsb, sempat bermalam di Jember krn 1 jadwal visitasi kami waktu itu langsung nggradhak 3 kabupaten sekaligus yaitu Lumajang, Jember & Banyuwangi yang secara geografis memang berdekatan, kami mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai Kopi Lanang di setiap kantor yang kami singgahi di ke tiga kabupaten tersebut. Konon kabarnya waktu itu Kopi Lanang adalah merupakan produk limited aka terbatas dari PTPN XII Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur.

Jadi kopi lanang ini hanya bisa di beli & di temui di PTPN XII tsb yang lokasinya di kaki Gunung Gumitir. Hal inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri & memicu rasa penasaran kami…. Koyo opo seh Kopi Lanang Iku … Kok Cek angele golek – golek ane.

kopi lanang

Sedikit mengenai Kopi Lanang. Kopi Lanang termasuk jenis kopi robusta. Memiliki bentuk biji kopi yang unik yaitu berbentuk tunggal (tidak terbelah) dan bulat. Kopi Lanang dikembangkan oleh Perkebunan Malangsari PTPN XII Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur yang terletak di ketinggian 1800m dpl. Jadi Kapi Lanang hanya tumbuh dan berbuah di sini. Plus pengolahan yang rumit menjadikannya kopi lanang sebagai kopi yang unik plus angel golek – golekane….. Seperti itu.

Nah perburuan di mulai ketika kami pulang setelah semua agenda kerja selesai. Heading ke surabaya via Gunung Gumitir Glenmore Jember dst. Berbekal informasi dari mulut ke mulut kami melambat saat melintas di kaki Gunung Gumitir yang sisi Timur. Kami susuri jalan utama perlahan sambil konsentrasi ke pinggir jalan. Info yang kami dapat, Kopi Lanang bisa di beli di koperasi PTPN yang terletak di kaki Gunung Gumitir tsb. Namun kami tidak bisa mendapat alamat yang jelas jalan apa, no berapa, masuk desa apa, rt & rw berapa. Wes pokoke nang kono iku, nang nisore gunung gumitir…. Walah…. Cuman itu saja informasi yang bisa kami dapat. Misterius tenan kopi lanang iki rek hehe…..

Gumitir
gambar ilustrasi gunung gumitir, bukan tempat penjual kopi yang di ceritakan

Sempat beberapa kali putar balik di daerah kaki Gunung Gumitir ini, dan setelah beberapa kali tanya ke penduduk setempat, ketemulah tempat jual Kopi Lanang tsb. Wogh akhirnya…..

Ternyata bukan Koperasi PTPN XII. Kata si penjual dulu memang sempat ada koperasi di daerah tsb. Tapi saat kami melintas kondisi koperasi tsb sdh tutup. Tinggal tempat itu saja yang masih menjual kopi lanang. Asli.

Ya wes kami borong, mumpung lagi melintas di daerah sana. Ada yang bubukan aka curah, ada juga yang sasetan.

Ah akhirnya, dapet juga kopi lanang. Kopi asli Jawa Timur yang waktu itu hanya bisa di dapat di daerah gunung gumitir yang termasuk area PTPN XII Kalibaru Banyuwngi … wow…. mantab. Ga sabar ingin segera samapai hometown untuk bisa segera nyicipin kedahsyatan Kopi Lanang yang menggelegar ini.

Kalau menurut Ahs, cita rasa kopi lanang ini memang unik, khas, & murni. Kuat taste kopinya kalau menurut imho Ahs. Mitosnya, Kopi Lanang ini, sesuai namanya, mampu mendongkrak vitalitas :). So bagi pasangan muda yang kopiholik bisa mencoba kopi yang satu ini hehe….

Semoga pihak terkait bisa lebih mengemas kopi lanang menjadi sebuah produk lokal yang menasional & bahkan juga mendunia dan yang terpenting lagi semoga kopi lanang semakin mudah di dapat.

Maju terus Kopi Asli Jawa Timur!
#dalamsecangkirkopiadasejutasolusi

sumber gambar: rollas.co.id, wikiwand.com

Ahstravelling.com
email: ahstravelling@gmail.com
FB Fans Page: https://www.facebook.com/AhsTravelling/
Twitter: @Ahs_Travelling

Advertisements