kmp raflesia2Wew….. Prihatin juga mendengar & melihatnya.

Dikabarkan bahwa kemarin sekitar pk 13.00, sebuah kmp aka kapal feri penyeberangan di selat Bali tenggelam. Sementara ini di kabarkan 48 penumpang di temukan selamat. Namun kmp berikut kendaraan bermotor (mobil) sejumlah 32 unit di dalamnya tenggelam.

Ngeri… ada beberapa video yang beredar di fb. Terlihat di video awalnya kmp terlihat miring ke kiri. Di infokan oleh beberapa media bahwa ada kebocoran di lambung kiri. Semakin oleng ke kiri, sampai baling – baling terlihat di permukaan air laut.

Tak lama berselang kmp terbalik dan tenggelam. Tampak beberapa penumpang berlarian di lambung kapal, dan kemudian meloncat ke laut sebelum kmp benar – benar terbalik. Ikut merasa syok & sedih, secara beberapa bulan yang lalu ahstravelling sempat melewati rute yang sama saat melakukan road trip ke Bali bareng keluarga.

Waktu itu, waktu balik dari Denpasar, nyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang sekitar pk. 15.00 WITA. Terasa banget setelah 30 menit perjalanan laut kmp bergoyag hebat ke kirin & kanan menandakan kmp di terjang ombak yang tidak kecil. Ini juga mungkin bisa di ambil pelajaran bahwa waktu yang baik untuk melakukan penyeberangan di selat bali adalah Subuh – pagi hari. CMIIW…. konon kabarnya ombak di sana tidak terlalu besar & deras di waktu tsb.

Dan dari video itu juga bisa di ambil beberapa pelajaran, diantarannya yaitu jangan panik, segera kenakan pelampung yang tersedia. Lalu bertahan salama mungkin di kapal. Jika memang sudah tidak memungkinkan lagi bertahan di kapal perhatikan bagian kapal sebelum meloncat ke laut.

Pastikan anda berada di posisi haluan kapal bukan di buritan, karena dari video jelas terlihat baling – baling kapal yang masih berputer dan akan sangat membahayakan jika kita berada di sekitar buritan saat kejadian.

Semoga semua penumpang & awak kmp selamat. Semoga yang selamat segera di beri kesembuhan fisik & mental untuk bisa kembali melakukan perjalanan tanpa trauma akan kejadian tersebut. Dan semoga hal seperti itu tidak pernah terulang & tidak terjadi pada kita semua.

Kalau boleh usul … mbok ya di bangun jembatan seperti di Suramadu itu. More secure, less danger.

Demikian … Semoga bermanfaat.

Advertisements