Tags

,

ti tol surabaya pandaan pertaminaIni akan menjadi sebuah artikel yang agak – agak mainstream. Trip to Malang…? Hmmm…. siapa sih yang tdk pernah ke Malang…?

Yang sudah pernah ke Malang pun ga keitung lagi sudah berapa kali ke sana. Betul tidak…

Sama seperti penulis…. Mulai sejak jaman kindergarten dulu…. 🙂 sampai high school…. lanjut college aka university bahkan sampai kerja pun masih juga visit ke malang.

Sama seperti penulis…. Mulai sejak jaman kindergarten dulu…. 🙂 sampai high school…. lanjut college aka university bahkan sampai kerja pun masih juga visit ke malang. Nagh memang….. baru kali ini di dokumentasi hehe….

Ada beberapa catatan mengenai trip to Malang tempoe doloe dengan sekarang… Nah beberapa catatan itu akan di rangkum dalam artikel ini. Dilengkapi picture & video.

Perubahan terbesar adalah pada infrastruktur. Jika dulu dari Surabaya ke Malang pakai R4 pasti melalui tol. Tol Surabaya – Gempol, lewat jalur lama. Nah kini jalur lama itu sedikit berliku karena kasus lumpur lapindo yang menghebohkan itu. Jika dari arah Surabaya kita keluar di exit Porong, kemudian masuk ke jalur baru dengan apa yang biasa di sebut dengan jalur arteri, kemudian masuk tol lagi di Kejapanan. Cuman bedanya sekarang tol lebih panjang, sampai ke Pandaan.

Kemudian adanya tempat istirahat di ruas tol antara Waru – Sidoarjo. Tempatnya lumayan besar dan ada di kedua sisi, baik di sisi yang menuju ke Malang, maupun di sisi yang ke arah Surabaya. Tempat istirahat yang menuju ke Malang berada di KM 26. Lahannya luas sekali. Bisa menampung hingga 500 kendaraan dengan luas lahan sekitar 35.000m2.

Yang arah ke Surabaya terletak di KM 25. Lebih ‘sempit’ dari TI yang sebelumnya, dengan luas lahan ‘hanya’ sekitar 18.000m2 yang bisa menampung kendaraan hingga 200 ekor.

ti tol surabaya pandaanalfamart

Selain luas, TI tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti SPBU, mushola, toilet, dan gerai – gerai waralaba. Gerai waralaba yang hadir pun tak main – main. Mulai dari yang biasa mainstream seperti indo & alfamart ada, sampai tempat yg ngehits pun hadir seperti Dunkin Donuts, AW, sampai Starbuck tak ketinggalan mengisi TI di Tol Surabaya – Pandaan.

Demikian….. semoga bermanfaat….

Advertisements