Tags

google maps android downloadMemang tidak bisa di pungkiri bahwa teman setia traveller adalah map aka peta. Sejak jaman jadul tempo doeloe yang mana masih pakai peta manual yang kalau di jembreng bisa untuk alas tidur hehe…..

Hingga sekarang yang cukup sebesar genggaman sebelah tangan saja.

Kini peta sudah umum tersedia dalam bentuk digital maps yang banyak di sediakan oleh operator GPS yang rata2 berbayar. Namun tak sedikit pula yang gratis seperti google maps.

Nah beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Senin 23 Nopember 2015, google inc. Indoensia memamerkan akses google maps tanpa koneksi internet alias offline pada ajang Google I/O.

Fitur offline ini mengizinkan pengguna untuk mengunduh sebuah area ke ponsel. Jadi, saat perangkat mulai offline, Google Maps tetap bisa bekerja seperti biasa.

google maps

Saat masuk ke mode offline, pengguna tetap bisa mencari destinasi, mendapat navigasi belokan demi belokan, dan menemukan informasi tentang destinasi tersebut, seperti jam operasional, nomor telepon, danrating.

Tentu saja, area yang ingin dicari pengguna sebelumnya sudah harus diunduh terlebih dahulu sebelum masuk ke mode offline. Apabila area belum diunduh, Google Maps tidak akan menampilkan destinasi yang dicari.

Jadi memang sebelum menuju ke destinasi yang baru dimana kita belum hapal daerah atau jalan – jalan di sana kita lakukan dulu download google maps area tersebut untuk jaga – jaga jika ternyata di area tsb tidak tercover internet atau sinyal internet lemah.

google maps android download

Seain itu akses google maps secara offline akan menghemat konsumsi daya batterai smartphone / tablet anda dan tentu saja memangkas pemakaian data. Kemampuan akses google maps offline ini bisa di dapatkan pada versi google maps terbaru yang akan mulai di update per launching hari senin kemarin.

Ahs Travelling pribadi merasakan kehadiran google maps ini sangat membantu. Terasa sekali pada trip yang pernah di lakukan Ahs Travelling bersama keluarga beberapa waktu yang lalu. Trik yang di lakukan waktu itu adalah mengaktifkan data & gps di awal buka aplikasi google maps. Kemudian setelah tampil maps & input destinasi sampai muncul track arah ke destinasi, off kan data, sehingga tinggal menyisakan koneksi GPS saja. Alhasil google maps bisa menuntun sampai ke tujuan …. dan tidak kesasar. 🙂

eden hotel

Apapun itu, mau online ataupun offline, sudah selayaknya anda memanfaatkan teknologi untuk mempermudah urusan travelling mu. Happy travelling 🙂

Advertisements