Tags

, , , ,

hostel-185156__180Oke salah satu kebutuhan pokok para traveller adalah hotel. Tempat untuk beristirahat, taruh barang sementara, bersih – bersih diri, & juga mungkin untuk isi perut 🙂 Nah hare gene akrab juga di telinga kita para traveller kata – kata hostel. Itu memang hostel atau typo…?

Menurut wikipedia hostel tak berbeda jauh dengan hotel, cuman hostel lebih pada budget oriented, akomodasi massal di mana tamu ‘menyewa bed’ bukan menyewa room, biasanya dalam sebuah ruang seperti asrama atau dorm dan menggunakan kamar mandi secara share, ruang tamu & juga terkadang dapur secara share. Kamar biasanya di pisahkan khusus wanita & pria walau ada beberapa hostel yang mix. Satu kamar bisa terdiri dari 4 – 10 bed. Beberapa hostel juga ada yg menyewakan kamar private layaknya hotel pada umumnya.

bed-142516_640

Nah di sini coba di komparasikan oleh ahstravelling.wp Hotel vs Hostel

1. Harga
Dari sisi harga jelas hostel lebih value di banding hotel

2. Privasi
Privasi hostel lebih minimum berlawanan dengan hotel yang memiliki privasi lebih maksimal di banding hostel.

3. Kenyamanan
Kenyamanan hotel juga masih lebih baik jika di bandingkan dengan hostel di mana hostel lebih menekankan pada pemakaian fasilitas secara share.

4. Target customer
Hostel biasanya menjadi tempat jujugan para backpacker. Meskipun ada juga traveller ‘bondho’ yang memilih hostel dengan alasan budget. Dan banyak juga backpacker yg menginap di hotel.

5. Tempat parkir
Krn menyasar para backpacker, banyak hostel yang minim fasilitas ini.

hostel reception
hostel room

Jadi, jika anda bepergian dgn rombongan kecil & ingin privasi lebih, atau ada bepergian bersama keluarga hotel adalah pilihan tepat. Namun jika anda travelling dengan grup besar, lebih dari 3 orang, mungkin hostel lebih pas di kantong 🙂

Ada yang ingin menambahkan….? Silahkan di komen.

Advertisements