Tags

, ,

pesona-indonesia_update-22novMenteri Pariwisata RI Dr. Ir. Arief Yahya M.Sc didampingi Bupati Wakatobi Ir. Hugua, telah me-Launching Wakatobi Wave 2015 pada tanggal 30 Oktober 2015, bertempat di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta. Penyelenggaraan Wakatobi Wave (Wonderful Festival and Expo) 2015 tersebut adalah atas prakarsa pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Seperti yang di sampaikan pada Press Release Kementrian Pariwisata RI, Wakatobi Wave 2015 akan di selenggarakn pada 22, 26 – 28 Nopember 2015 tersebut akan menampilkan berbagai ragam budaya bahari Indonesia.

Berikut adalah Press Release lengkap dari Kemenpar RI.

Jakarta, 30 Oktober 2015 – Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi bekerjasama untuk menyelenggarakan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) tahun 2015. Even ini merupakan bagian dari kegiatan branding Pesona Indonesia, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegera yang ditargetkan sebanyak 12 juta wisman pada tahun 2015 ini.

Launching Wakatobi Wave 2015 akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata RI Dr. Ir. Arief Yahya M.Sc didampingi Bupati Wakatobi Ir. Hugua, pada tanggal 30 Oktober 2015, bertempat di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta.

Menteri Pariwisata

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu strategi meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata, khususnya di Kabupaten Wakatobi yang sudah dikenal sebagai surga nyata bawah laut di pusat segitiga karang dunia. Selain itu, adanya event ini juga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena pembelanjaan wisatawan langsung ke masyarakat,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peluncuran Event Wakatobi Wave di Jakarta, Jum’at (30/10).

Bupati Wakatobi Ir. Hugua mengatakan, Wakatobi Wave 2015 yang berlangsung pada tanggal 22, 26 s/d 28 November 2015 akan menampilkan berbagai atraksi budaya bahari. Pada kesempatan ini Hugua mengklaim bahwa kegiatan ini sebagai festival budaya bahari terbesar dari yang pernah diselenggarakan. Even akan menggelar berbagai kesenian meliputi Prosesi Akbar Kariaa Wakatobi yang akan menampilkan Lengko, Kandadio dan Kansoda’a, Tari Kolosal dan Liwo Raksasa ” Pesona Wakatobi Indonesia”.

Bupati Wakatobi 600px

Kegiatan lainnya meliputi Lomba Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi – Indonesia bertema Everything about Wakatobi, Pameran Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, Balapan Bodi Batang (Perahu Bermotor), Parade Parahu Hias, Pagelaran Seni Musik Tradisonal dan penampilan Artis Ibu Kota. Wakatobi Wave 2015 akan ditutup dengan kegiatan olah raga bahari berbentuk Triathlon yang dimulai dari lomba lari pesisir, berenang dan panjang tiang perahu di atas laut.

“Kegiatan ini diselenggarakan disamping untuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara, juga merupakan bagian dari memeriahkan perayaan HUT Wakatobi ke-12 tahun, sekaligus pelestarian budaya yang berkembang di masyarakat, sehingga kegiatan ini sudah teragenda setiap tahunnya,” kata Hugua.

Tentang Wakatobi

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 18 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi meliputi Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi). Wakatobi mekar menjadi daerah otonomi pada tanggal 18 Desember 2003 melalui Undang-Undang Nomor 29 tahun 2003. Wilayah Kabupaten Wakatobi didominasi oleh laut yang mencapai 97% dan daratannya hanya seluas 3% dari total luas wilayah ± 19.200 km2. Dengan demikian, maka potensi sumberdaya alam unggulan di daerah ini adalah kelautan, perikanan dan sektor pariwisata bahari.

Launching Wakatobi Wave 2015 600px

Dari sektor pariwisata, Wakatobi dikunjungi sekitar 14 ribu wisatawan lokal dan mancanegara setiap tahunnya. Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Hoga yang memiliki keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya. Selain keindahan bawah laut Wakatobi juga sangat kaya dengan kekhasan budaya yang masih dianut oleh masyarakat dari dulu hingga sekarang. Meskipun Wakatobi merupakan daerah baru namun untuk bisa sampai di Wakatobi bukan hal yang sulit. Moda transportasi udara telah tersedia di daerah ini yang melayani penerbangan setiap hari dengan jalur Makassar-Kendari-Wakatobi. Tersedia pula sarana transporasi laut yang dapat ditempuh baik dari jalur Kendari-Wakatobi maupun Baubau-Wakatobi. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

Informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Bpk. Nadar
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kabupaten Wakatobi
Jl. Laruku No. 11
Kec. Wangi-wangi Selatan
Wakatobi 93791
Hp. 0811401474

Demikian semoga bermanfaat dan stay tuned terus di sini untuk mendaptakan update – update seputaran Wakatobi. Happy Travelling 🙂

Advertisements