Tags

,

8 travel scams happening in europe - logoBenua Eropa, Benua Biru….

Benua tempat negara – negara maju berada.

Namun demikian bukan berarti negara maju bebas dari scam aka penipuan….

Ah yg boneng bro… masa di eropah usum ‘gendam’? secara eropah getou hehe…. gak percaya…. ataw malah kepow…..? monggo di cekidout….

Baru – baru ini AIG Europe merilis informasi mengenai jenis penipuan aka scam yang paling sering terjadi di Eropa. Studi ini bukan studi main – main karena media besar sekelas USA Today pun ikut menggaungkan hasil studi AIG Europe tersebut.

Apa saja jenis scam nya….? Dan di negara mana sajakah scam itu terjadi….? Nih daftarnya:

1. Italia: Modus tusuk ban
Hati-hati dengan rampok di Italia yang menusuk ban mobil di tempat parkir, lalu membuntuti hingga Anda terpaksa berhenti. Mereka kemudian berpura-pura membantu padahal pada saat yang sama mencuri barang-barang Anda.

Nah yang satu ini hampir sama & juga sering terdengar terjadi di negara kita.

Di Italia, modus spt ini banyak di temui di sekitaran Napoli. So waspadalah – waspadalah.

2. Perancis: Pengemis Palsu
Ternyata ada juga ya pengemis di Perancis hehe….
biasanya pelakunya adalah anak-anak yang pura-pura cacat. Mereka mengaku dari sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang akan menyalurkan dana anda ke orang – orang seperti si anak yang berpura – pura cacat tadi.

Biasanya modusnya cuman minta ttd utk mendukung semacam petisi seperti itu. Namun ujung-ujung nya minta doku juga hehe….

3. Spanyol: bayar tiket masuk Gibraltar palsu
Jadi sebenarnya gratis jika mau masuk ke Gibraltar. Jika ada yang narik tiket itu berarti palsuuuu 😀

4. Republik Ceko: Polisi Gadungan
Yang biasa nonton movie pasti tau tabiat orang – orang Ceko. Ngaku – ngaku polisi utk nuduh traveller melakukakn kejahatan yang tidak dilakukan. Biasanya polisi gadungan itu mencuri informasi identitas yang tertera di paspor.

Jadi jangan pernah menunjukkan paspor anda kepada siapapun orang yg gak jelas. Jika mereka ngotot tantang untuk tunjukkan paspor di kantor polisi terdekat. Biasanya mereka ngeper.

5. Belanda: copet
Banyak laporan kejadian di resto Central Amsterdam. Modusnya pelaku tiba – tiba masuk resto dan menghampiri anda. Biasanya yg jadi incaran adalah orang / traveller yang menggantungkan tas nya di belakang tempat duduk mereka. Pelaku menanyakan sesuatu yg intinya hanya ingin mengalihkan perhatian anda. Begitu anda lengah, copet beraksi, tas anda sasarannya. 😀

3 scams lain bisa di lihat di info grafis berikut

8 travel scams happening in europe

Semoga bermanfaat khususnya bagi rekans yang beberapa bulan lagi mau travelling ke eropah memenuhi undangan mbah gugel 😀 o iya…. mungkin perlu juga baca yang ini: tips sebelum berangkat ke eropa

Happy travelling….

sumber: aig.ie

Advertisements