Tags

, ,

airbus factory - ready aircraftOk… kita bahas sedikit mengenai dunia penerbangan. Kita ketahui bersama bahwa travelling tak bisa jauh dari sarana transportasi termasuk juga transportasi udara. Berbicara transportasi udara kita tak bisa lepas dari produsen airplane raksasa berskala internasional yaitu Boeing & Airbus.

Nah kali ini kita akan bahas sedikit mengenai headquarters Airbus di Toulouse, Prancis….

Toulouse, sebuah kota besar di Prancis, terletak sekitar 680 km dari Paris. Dengan jumlah peduduk sekitar 1.250.251 jiwa. Toulouse merupakan kota terbesar ke empat di Prancis setelah Paris, Lyon, dan Marseille.

Toulouse merupakan pusat industri aerospace di Eropa. Kota dimana markas besar Airbus berada, tempat Galileo Positioning Sytem berada dan sejumlah industri penerbangan lainnya.

Selain itu Toulouse juga merupakan ikon kota industri dimana Intel (produsen processor) Eropa bermarkas di sana.

airbus factory at blagnac toulouse french

Kembali ke Airbus. Pabrik Airbus di Toulouse sebenarnya berlokasi di kota Blagnac, sebuah suburb aka kota satelit di pinggiran Toulouse. Disana lah pabrik Airbus berada, seperti terlihat di peta. Pabrik dengan line produksi terbesar di mana di sana di pabrik tersebut dirakit Airbus A320, A330, A340, A350 and A380. Airbus juga mempunyai line produksi perakitan di Hamburg Jerman. Di Hamburg mengerjakan interior untuk tipe A318, A319, A321 dan A380. Airbus juga memiliki rencana untuk merelokasi perakitan final Airbus tipe A320 ke Hamburg. Selain di Toulouse, dan Hamburg, Airbus juga punya pabrik oerakitan di Sevila – Spanyol, Tianjin – Cina, & Mobile Alabama – USA.

Terlihat bahwa Tianjin – Cina adalah satu – satunya pabrik perakitan pesawat Airbus di luar benua Eropa (juga Amerika). Di Tianjin – Cina, pabrik perakitan pesawat Airbus mampu menyerap hingga 1000 tenaga kerja dan mulai beroperasi di awal 2010 di sebuah lokasi yang memiliki luas lahan sekitar 30.000 meter persegi.

Bersambung…

Advertisements