Tags

Pengurusan paspor online memang masih menjadi kontroversi. Bagi sebagian pemohon adanya keharusan antri online adalah justru merupakan sebuah hambatan, dimana sering didapati keterangan “quota habis” saat mengajukan jadwal via online.

Padahal, kalau imho ahs, adanya aplikasi antrian paspor online ini sangat membantu dan memudahkan kita calon pemohon paspor baru ataupun perpanjangan.

So, ahs coba berbagi tips pengajuan paspor via aplikasi antrian paspor online, yang mana beberapa waktu yang lalu ahs sukses pengajuan baru paspor via aplikasi android antrian paspor online.

Monggo dilanjut….


1. Pastikan sinyal wifi atau sinyal GSM ada pada posisi yang paling ok.

2. usahakan siapkan waktu jauh hari sebelum hari H penggunaan paspor.
Untuk pemohon baru.
Jadi misal ada skedul travelling menggunakan paspor usahakan jangan ndadak, ya kasih lagh spare 6 bulan sblm keberangkatan abroad atau paling mepet 3 bulan sblm keberangkatan paspor sdh di tangan.
Untuk perpanjangan.
Minimal 6 bulan sebelum paspor expired hrs sudah antri untuk penggantian paspor.

3. Rajin rajin mencoba di tanggal dan jam yg berbeda.
Sering kejadian saat akan antri di tanggal tertentu jam tertentu muncul pesan quota habis. Kalau ketemu seperti itu jangan pernah lelah mencoba tanggal lain, jam lain atau kombinasinya.
Misal ingin pengajuan tgl 1, jam 08.00. Ternyata quota penuh, jangan pernah lelah utk coba pengajuan di tanggal lain. Misal tanggal 2, 3, 4, dst. Juga jangan terpaku di jam 08.00 saja, krn rata2 kantor imigrasi menyediakan 2 sesi bagi pengajuan yaitu pk. 08.00 & 13.00. Cobalah kombinasi tanggal & jam nya.

4. Jangan terpaku di satu kantor imigrasi saja.
Misal wes kadung seneng sama pelayanan di kantor juanda misalnya. Ternyata quota penuh terus di Juanda, kalo masih longgar waktu keberangkatan abroadnya ya gpp sih nunggu quota kososng di Juanda. Tapi kalo ga keburu coba ajukan di kanim yang lain yang dekat dengan tempat tinggal anda.

5. Segera download Bukti Cetak Elektronik Layanan Antrain Paspor Online
Begitu berhasil dapat no. antrian, segera download dan simpan(save) Bukti Cetak Elektronik Layanan Antrian Paspor Online yang di aplikasi. Meskipun output aplikasi tsb juga di kirim via email, mending segera download dan save yang dari aplikasi, krn ada beberapa laporan yang mengabarkan tdk dapat bukti cetak via email.

Jika krn satu dan lain hal anda mengandalkan bukti cetak yang di kirim ke email, tips nya adalah pastikan bahwa email yang anda input saat pendaftaraan via aplikasi adalah email anda sendiri dan sudah anda input dengan ejaan yang benar tanpa typo.
Jika anda sudah ainul yakin email sdh terinput dengan benar, tp kok blm terima email bukti cetak elektronik, maka bisa di cek ke folder junk atau spam email anda. Sapa tau email dari kanim nyangkut di sana.

6. Pastikan anda mendapatkan jadwal, baru ajukan cuti.
Bagi yg sdh bekerja, dan susyah cuti.
Pastikan anda mendapatkan jadwal terlebih dulu, baru ajukan cuti. Jangan ajukan cuti dulu baru apply online, bisa2 tidak tersedia quota sama sekali di tanggal anda cuti. Kan berabe tu…

7. Pastikan semua persyaratan sudah lengkap.
Cek dan ricek kembali semua persyaratan. Lebih2 saat akan berangkat pengajuan ke kanim. Jangan sampai ada dokumen persyaratan yang kurang / tertinggal.

8. Manfaatkan semua tools terkait permohonan paspor untuk memudahkan diri anda.
Bagi yang belum tahu tools apa sajakah itu bisa di cek di sini.

Demikian, semoga segala urusan kita selalu dimudahkan olehNya. Aamiin…
Ada yang punya tips & trik lain…? Monggo di komen.

Advertisements