Tags

,

angkasa pura 2 logoTerungkapnya kasus pembobolan bagasi di Bandara Soetta yang kasusnya berhasil diungkap oleh Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta setidaknya bisa membikin lega kita semua, khususnya penumpang yang sering bepergian via Bandara Soetta.

Melalui sebuah press realese PT. AP 2 menyatakan apresiasinya terhadap pengungkapan kasus pembobolan bagasi di Bandara Internasional Soetta, yang kasusnya sendiri terjadi di sekitaran bulan Nop 2015 yang lalu.

Berikut ini kutipan lengkap press release PT. AP 2, 6 Januari 2016 yang baru lalu…

Penjelasan PT Angkasa Pura II (Persero) Terkait Pembobolan Bagasi Penumpang Pesawat

Terkait peristiwa pada 16 November 2015, yakni tertangkapnya oknum yang mengambil barang di bagasi penumpang pesawat, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta menegaskan bahwa:

1. PT Angkasa Pura II (Persero) mengapresiasi Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang membongkar kriminalitas pencurian barang di bagasi penumpang, setelah menindaklanjuti pengaduan dari Aviation Security. Kasus pencurian ini tidak akan terungkap tanpa kerja keras dari Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kami yakin kepolisian ke depannya akan tetap mampu menjaga keamanan di bandara.

2. PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melakukan berbagai upaya positif dengan meningkatkan SOP dan menambah CCTV untuk memutus mata rantai jaringan pencurian bagasi penumpang di bandara.

3. PT Angkasa Pura II (Persero) telah melakukan upaya memperketat keamanan guna menghilangkan potensi kehilangan atau kerusakan bagasi diantaranya dengan menambah CCTV sebanyak 30% untuk pemantauan dengan jangkauan lebih luas selama 24 jam, serta bekerjasama erat dengan kepolisian. Terungkapnya kasus pencurian barang merupakan hasil koordinasi dari petugas pemantau CCTV, Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan Aviation Security.

4. PT Angkasa Pura II (Persero) secara bertahap, namun permanen terus menangani pengamanan bandara, kenyamanan penumpang, dan menjadikan bandara sebagai area yang restriksi secara sistematis dan baik.

5. Pembenahan pelayanan terkait bagasi penumpang pesawat saat ini masih menjadi fokus utama PT Angkasa Pura II (Persero) karena juga melibatkan pihak eksternal yaitu pihak maskapai dan ground handling.

Ke depan, PT Angkasa Pura II (Persero) akan terus melakukan langkah-langkah strategis mengenai keamanan dan kenyamanan penumpang, antara lain dengan menerapkan sistem bagasi otomatis (Baggage handling system) di semua bandara di bawah kewenangan AP II. Kemudian meningkatkan koordinasi dengan maskapai dan ground handling dalam meningkatkan pelayanan di Bandara.

PT Angkasa Pura II (Persero) juga berinisiatif bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI dalam melakukan survey untuk mengetahui pelayanan di bidang apa saja yang paling dikeluhkan masyarakat.

Survey dilakukan pada Mei – Juni 2015, di mana lalu teridentifikasi 10 besar kasus yang diadukan konsumen kepada YLKI yaitu pengelolaan layanan transportasi termasuk adanya taksi gelap, parkir, fasilitas trolley, asap rokok di bandara, toilet, kursi tunggu, petugas tidak responsif, bagasi hilang atau rusak, porter nakal, dan calo tiket.

Berdasarkan hasil tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pembenahan guna meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni:

1. Membenahi pengelolaan transportasi dengan menghilangkan taksi gelap;
2. Menambah jumlah trolley;
3. Menempatkan petugas customer service mobile anti larangan merokok;
4. Menghilangkan hampir 100 tenant di terminal untuk menambah jumlah kursi tunggu;
5. Menertibkan porter guna menjaga standar pelayanan;
6. Menghapus loket tiket sebagai bagian dari upaya memberantas calo tiket;
7. Menambah area parkir reguler;
8. Meningkatkan standar pelayanan di setiap petugas, termasuk petugas kebersihan toilet.

Ke depan, masalah yang harus diselesaikan untuk peningkatan pelayanan di Bandara Internasional SoekarnoHatta adalah aksesibilitas selain permasalahan bagasi penumpang pesawat.

Seluruh pemangku kepentingan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah berkomitmen untuk menyamakan visi bahwa peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya penumpang pesawat merupakan tujuan tertinggi.

Tangerang, 6 Januari 2016

President Director
BUDI KARYA SUMADI

Demikian… semoga bermanfaat …..

Ahstravelling.com
FB Fans Page: https://www.facebook.com/AhsTravelling/
Twitter: @Ahs_Travelling

Advertisements