Tags

, ,

Indonesia memperoleh kehormatan untuk menggelar ajang olah raga terbesar di Asia tahun 2018 ini.

Asian Games 2018.

Pesta olah raga yang di selenggarakn 4 tahun sekali dan di ikuti oleh atlet – atlet terbaik dari seluruh benua Asia.

Asia men…. bukan hanya sekedar Asia Tenggara…

Perhelatan olah raga terbesar di benua Asia kali ini, sesuai judul akan di selenggarakan di 2 kota besar di Tanah Air yaitu Jakarta dan Palembang.

Meski demikian pada prakteknya venue – venue yang di gunakan tidak hanya berpusat di dua kota utama itu saja. Jawa Barat turut serta berpartisipasi dalam Asian Games 2018 ini. Sebut saja seperti Bandung, Bogor, Bekasi, dan Cikarang yg kebagian menyelenggarakan cabor sepak bola pria.

Kemudian ada juga Puncak, Depok, Subang, dan Majalengka yang menghelat cabor paralayang, panca lomba(modern), balap sepeda dan kano(slalom).

Nah seperti biasa, di sini akan di ulas sedikit destinasi – destinasi wisata di kota – kota penyelenggara Asian Games 2018 tersebut. Sepertinya asyik juga ya … berwisaata sambil mendukung atlet NKRI berlaga di ajang terbesar di benua Asia ini.

Langsung saja, Jakarta.
Jakarta adalah kota di mana opening sekaligus closing ceremony dihelat. Venue yang digunakan utk ceremony tsb adalah Stadion Utama GBK Jakarta. Selain itu Jakarta mempertandingkan cabor sbb: Atletik, Bulu Tangkis, Basket, Voli, Hoki Lapangan, Bisbol, Sofbol, Panahan, Rugbi, Skuas, Anggar dan Karate.

Stadion Utama GBK sendiri sebenarnya adalah sebuah destinasi wisata terlebih setelah mengalami renovasi besar utk menghadapi ajang Asian Games 2018 ini. GBK tampak lebih megah. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas di sekitarnya. Biasanya sekitaran GBK digunakan sebagai jogging track di minggu pagi dan asyik buat foto – foto selfie hehe….

Nah berdasar pantauan penulis ada beberapa destinasi yang bisa di kunjungi di sekitaran GBK seperti: Teater JKT48, Kidzania Jakarta, Plaza Senayan, Senayan City atau yg lebih dikenal dengan Sency #jangansensilo…. hehe lalu ada juga Museum Satria Mandala, Mall Kota Kasablanka dan masih banyak lagi… seperti itu.

Kemduian Palembang.
Venue utama adalah di Jakabaring Sport City. Inipun sejatinya adalah sebuah destinasi wisata dimana di Jakabaring Sport City banyak terdapat fasilitas olah raga bertaraf nasional, regional bahkan internasional.

Cabor yang dipertandingkan di Palembang adalah sbb: sepak bola wanita, tenis, kano (sprint dan tradisional), dayung, sepak takraw, boling, panjat tebing, voli pantai, dan menembak. Awas kutembak hatimu….. #eaaaaaaa

Nah destinasi wisata apa saja yang dekat dengan Jakabaring Sport City?
Selain Kompleks Jakabaring Sport City itu sendiri terpantau ada beberapa destinasi wisata seperti: area danau buatan di sekitar JSC, Opi Water Fun, Palembang Bird Park. Selain itu ada beberapa ikon kota Palembang yang meskipun secara jarak sedikit jauhan dari JSC pun demikian tetap layak kunjung seperti: Jembatan Ampera, Monpera, G Art Studio, Pulau Kemaro dan Masjid Agung Palembang.

Demikian…
Semoga Indonesia meraih 2 sukses sekaligus, sukses penyelenggaraan & sukses prestasi.

Salam OlahRaga!
😀

foto: asiangames2018.id, wikipedia

Advertisements